KEUTAMAAN IBADAH KURBAN

Sinergipuspita.com – Keutamaan ibadah kurban merupakan salah satu ibadah yang hukumnya Sunnah Muakkad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan, bahkan mendekati wajib. Dikutip dari laman NU, Ibadah kurban merupakan ibadah yang dilaksanakan pada hari tasyrik 10-13 Dzulhijah. Kata kurban secara etimologi berasal dari bahasa Arab qariba-yaqrabu-qurban wa qurbanan wa qirbanan, yang artinya dekat (Ibn Manzhur: 1992:1:662; Munawir:1984:1185). Maksudnya yaitu mendekatkan diri kepada Allah dengan mengerjakan perintah-Nya.

 

Berikut merupakan beberapa keutamaan berkurban.

 

  1. Sebagai media untuk meningkatkan ketaqwaan.

Keutamaan ibadah kurban salah satunya yaitu untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Sebagai mana yang tercantum dalam QS. Al Maidah ayat 27 yang berbunyi: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertaqwa.”

 

  1. Saksi pemberat amalan kebaikan di akhirat kelak

Selain untuk meningkatkan ketaqwaan, berkurban juga sebagai pemberat amalan kebaikan sebagai bekal di akhirat kelak, Allah akan memberikan pahala yang berlipa-lipat kepada orang yang melakukan ibadah IdulAdha ini. Tidak hanya itu, hewan-hewan yang telah disembelih saat kurban akan menjadi saksi di hari perhitungan amal bagi setiap hamba Allah yang melaksanakannya. keutamaan kurban ini tertuang dalam HR Ibnu Majah:

 

“Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai oleh Allah Azza Wa Jalla dari mengalirkan darah. Sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya dan bulunya. Sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah Azza Wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.

 

  1. Pembeda dari kaum nonMuslim

Kurban juga merupakan amalan pembeda dari kaum yang bukan Muslim. seorang muslim yang berkurban berarti Ia sudah turut serta dalam mensyiarkan agama.

Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa. Karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”  QS Al Hajj ayat 34.

 

  1. Etalase sistem sosial dan kemanusiaan islami

Keutamaan ibadah kurban juga dapat berguna dalam aksi sosial dan kemanusiaan islami, berkurban menjadi bukti bahwa agama islam telah mengatur bagaimana menyeimbangkan perekonomian dan aspek kemanusiaan sosial. Setiap manusia harus saling berbagi kepada sesama untuk terciptanya masyarakat yang harmonis. Dan merupakan salah satu cara agar setiap umat dapat merasakan kenikmatan rezeki dan berkah yang telak Allah berikan kepada hamba-Nya.

 

  1. Sebagai tanda Syukur

Merupakan tanda syukur atas semua rezeki yang telah Allah berikan kepada hamba-Nya. Kurban merupakan satu di antara bentuk kecintaan seorang muslim kepada Allah. Ketika melakukan kurban, kita akan jauh lebih bersyukur atas nikmat yang telah diberikan.