Sedekah, Amalan yang Dicintai Allah

Sedekah merupakan salah satu amal ibadah yang dicintai oleh Allah SWT dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Orang yang senang bersedekah akan menjalani hidup yang selalu berkecukupan dan dihindarkan dari kefakiran. Tidak perlu memiliki barang yang mewah atau uang yang banyak, sedekah juga bisa dilakukan oleh semua orang.

 

Hal ini karena sedekah juga bisa dilakukan dengan hal yang terlihat sederhana, salah satunya yaitu sedekah air.

 

Dalam hadits disebutkan, pada suatu ketika Sa’ad bin Ubadah bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama? Beliau menjawab, memberi air”. (HR. Abu Dawud).

 

Air merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup di muka bumi, termasuk manusia. Seseorang akan lebih bisa menahan lapar daripada menahan haus. Tanpa air, sebagaimana hewan dan tumbuhan, manusia akan mati.

 

Demikian juga kisah pezina yang memberi minum anjing yang kehausan juga diambil faedah oleh para ulama sebagai anjuran untuk bersedekah air. Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

 

“Seorang wanita pezina diampuni oleh Allah. Dia melewati seekor anjing yang menjulurkan lidahnya di sisi sebuah sumur. Anjing ini hampir saja mati kehausan. Si wanita pelacur tersebut lalu melepas sepatunya, dan dengan penutup kepalanya. Lalu dia mengambilkan air untuk anjing tersebut. Dengan sebab perbuatannya ini, dia mendapatkan ampunan dari Allah.” (HR Al Bukhari nomor 3321, Muslim 2245)

 

Umur umat nabi muhammad SAW hanya berkisar pada umur 60-70an tahun. Hanya sebentar dibandingkan dengan umat-umat sebelumnya, yang sampai ratusan bahkan ribuan tahun. Amal umat-umat sebelumnya panjang. Oleh karena itu, kita perlu mensiasati amal-amal kita agar terus berumur panjang walaupun kita telah meninggal dunia.

 

Dari Abu Hurairah ra. bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: “Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga macam, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang dapat diambill manfaatnya, atau anak saleh yang mau mendoakannya.” (HR. Muslim).

 

Dalam suatu riwayat dikatakan bahwa sayidina utsman pernah membeli sumur dari seorang yahudi dan menyedekahkannya kepada kaum muslimin. Ajaibnya, sedekah beliau masih ada hingga saat ini. Pahalanya masih terus mengalir, dari tanah tempat sumur itu berada dijadikan hotel yang juga dimilikinya hingga saat ini.

 

Banyak hikmah yang dapat kita ambil dari kisah-kisah di atas. Salah satunya adalah keutamaan memberikan atau bersedekah air kepada yang membutuhkan, baik kepada golongan manusia maupun binatang. Itu karena mengalirkan air kepada yang membutuhkannya, baik terhadap manusia maupun makhluk lainnya, merupakan suatau kewajiban. Perilaku tersebut merupakan amal utama yang bisa mendekatkan seorang manusia kepada Allah SWT.

 

Selain itu, dalam hidupnya, manusia maupun makhluk lainnya sangat bergantung pada ketersediaan air. Air merupakan salah satu sumber kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya. Tanpa adanya air, sulit bagi makhluk hidup, terutama manusia, untuk dapat bertahan hidup. Oleh karena itu, memberikan air sama dengan memberikan kehidupan bagi orang lain dan menjaga keberlangsungan hidupnya. Oleh karena itulah, memberikan atau bersedekah air merupakan amal utama.

 

Selain itu, bersedekah pun dapat diwujudkan dengan membangun sumber air atau mengalirkan air ke tempat-tempat yang sulit atau kekurangan air sehingga masyarakat atau lingkungan sekitarnya merasakan kemudahan mendapatkan air, baik untuk minum maupun untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

 

Untuk itu, kami dari Sinergi Puspita berupaya untuk menghadirkan air bersih di daerah daerah yang kesulitan air bersih. Berbagai upaya telah kami lakukan mulai dari penggalian sumur, dan pengeboran sumur.

 

Selain menghadirkan air bersih, kami juga memilki program sedekah puding, sedekah susu, sinergi makan santri, Nganter Qur’an (sedekah qur’an) dan Air Sudekat (sedekah air).

 

Yuk, tunggu apa lagi? Sedekah air sekarang, jangan lihat nilainya, sekecil apapun jumlahnya, yang pasti kita telah ikut serta dalam program kebaikan yang bisa jadi pengantar ke surga.