Panen Keberkahan di Bulan Ramadhan

Sinergipuspita.com – Panen Keberkahan di Bulan Ramadhan. Berkah biasa dikaitkan dengan diberinya materi. Namun tidak sesederhana itu. Berkah merupakan nikmat bisa berupa materi, nikmat spiritual, ketenangan, kesehatan dan sebagainya.

 

Menurut Imam Al-Ghazali, berkah (barokah) adalah bertambahnya kebaikan. Seperti yang diungkapkan Abul Baqa’ Al-Kufi dalam kitabnya Al-Kulliyat Mu’jam Fi Al-Mushthalahat, berkah adalah sesuatu yang tumbuh berkembang dan bertambah, baik sesuatu yang nampak maupun maknawi, sekaligus senantiasa tetapnya kebaikan Ilahi pada sesuatu.

 

Allah menciptakaan bumi dan langit serta menjadikan kita manusia sebagai khalifah didalamnya.

 

Air hujan, hewan, sumberdaya alam , bumi dan seisinya merupakan bentuk keberkahan yang Allah titipkan kepada kita. Keberkahan berarti  juga bahwa Allah memberikan nikmat berupa segala materi yang dibutuhkan manusia.

 

Lalu apa saja ciri-ciri orang yang mendapat berkah Allah?

  1. Merasa nikmat beramal shaleh

Allah memberikan keberkahan berupa nikmat Iman dan Islam, serta kenikmatan beribadah dengan lapang dada tanpa paksaan.

 

  1. Konsisten atau Istiqomah dalam kebaikan

Konsisten  merupakan tanda bahwa Allah memberikan keberkahan dalam setiap perbuatan yang dilakukan.

 

  1. Selalu bersabar menghadapi ujian Allah

Dengan diberikannya keberkahan oleh Allah, orang tersebut akan mudah untuk bersabar dan ikhlas dalam menghadapi ujian.

 

Dalam sebulan penuh kita mendapatkan keberkahan yang luar biasa, yaitu bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan dimana umat islam berpuasa selama sebulan penuh, dari matahari terbit hingga terbenam.

 

Selain puasa, keberkahan di bulan Ramadhan juga terkait dengan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti shalat tarawih, membaca Al-Quran, bersedekah, dan melakukan amalan-amalan kebaikan lainnya. Selain itu, bulan Ramadhan juga sebagai bulan penuh ampunan dan rahmat Allah Ta’ala.

 

Dalam bulan ini semua ibadah wajib dilakukan dengan penuh keikhlasan.

 

Selain itu, bulan Ramadhan juga sering dianggap sebagai bulan keberkahaan dalam bentuk rezeki materi, misalnya membawa keberkahan kepada pedagang-pedagang yang berjualan. Bulan Ramadhan juga menjadi momen di mana umat islam meningkatkan kebersamaan dan solidaritas di antara sesama, banyak kegiatan sosial dan amal yang dilakukan selama bulan Ramadhan seperti berbagi makanan sahur dan berbuka puasa bersama, serta memberikan bantuan kepada yang membutuhkan. Hal ini dapat menjadi bukti keberkahan bulan Ramadhan dalam bentuk hubungan sosial yang lebih harmonis.

 

Yuk! kita jadikan Ramadhan lebih berkah dengan berdonasi. Sebarkan kebahagiaan dan Panen Keberkahan di Bulan Ramadhan bersama Sinergi Puspita melalui  www.sinergipuspita.com