5 Amalan Sunnah Ramadhan

Sinergipuspita.com5 Amalan Sunnah Ramadhan ini sangat bermanfaat bagi kita dan bisa memberikan banyak manfaat. Ramadhan sangat dinanti kehadirannya.

Di bulan ini umat islam diwajibkan berpuasa dan menahan hawa nafsu. Bulan Ramadhan juga menjadi ajang untuk berlomba dalam mencari kebaikan dan keberkahan Allah Ta’ala, karena setiap amal kebaikan yang dikerjakan akan dilipatgandalakan pahalanya.

Berikut adalah 5 amalan sunnah ramadhan sederhana yang bisa kita lakukan agar ramadhan kita semakin berkah :

1. Berbuka dengan kurma

Berbuka puasa merupakan momen yang ditunggu. Salah satu sunnah adalah berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma bisa dengan air putih

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan ruthab (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air ( HR. Abu Daud no 2356, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud).

 

2. Segera shalat maghrib setelah membatalkan puasa

Setelah membatalkan puasa, disunahkan untuk langsung melakukan shalat fardu , selepas itu baru menyantap makan utama seperti nasi dan sejenisnya.

 

3. Memberi makan orang yang sedang berpuasa.

Memberi makanan kepada orang yang berpuasa merupakan amalan yang dapat kita lakukan

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda
“Siapa yang memberi berbuka orang puasa, baginya pahala seperti pahala orang berpuasa tadi tanpa dikurangi dari pahalanya sedikitpun,” (HR. Ahmad, Nasai, dan dishahihkan al-Albani).

 

4. Tidak melewatkan sahur

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda: “Makan sahur itu mengandung berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya sebiji kurma.”
Selain itu, sahur juga bisa juga meningkatkan keikhlasan saat menjalankan ibadah puasa.

 

Seperti disebutkan dalam hadist :
“Sahur adalah makanan berkah, maka jangan kalian tinggalkan walaupun hanya meneguk seteguk air, karena Allah dan para malaikat berselawat atas orang-orang yang bersahur,” (HR. Ibnu Syaibah dan Ahmad).

 

5. Berdoa di waktu- waktu mustajab

Menjelang berbuka merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa, baik untuk urusan dunia dan akherat.
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah no. 1753)
Selain menjelang berbuka , doa dipetiga malam juga merupakan waktu yang mustajab. Maka di waktu waktu tersebut jangan tinggalkan sunnah ini, memohonlah untuk setiap hajat kita.

 

Lakukanlah amalan tersebut agar Ramadhan tahun ini semakin berkah dan diridhoi oleh Allah, namun perlu diingat semua yang kita lakukan harus atas dasar Lillahi Ta’ala karena Allah semata, bukan untuk mencari pujian dari manusia.

 

Mari jadikan Ramadhan semakin berkah bersama Sinergi Puspita, sebarkan kebaikan dan kebahagiaan dengan berdonasi di www.sinergipuspita.com selama Ramadan.